Minggu, 12 April 2009

PANTAI TANJUNG PASIR ANDALAN WISATA


Tangerang Andalkan Wisata Pantai Tanjung Pasir dan Tanjung Kait
TANGERANG - Menjadi tetangga Jakarta memberikan banyak keuntungan bagi Tangerang. Salah satunya menjadi jujukan warga Jakarta yang ingin berwisata ke lokasi yang tidak terlalu jauh.

Tangerang juga menawarkan wisata alam pantai sepanjang 40 kilometer. Di garis pantai sepanjang itu, terdapat dua titik yang menjadi wisata andalan, yaitu Tanjung Pasir dan Tanjung Kait.

Memanfaatkan potensi tersebut, Pemkab Tangerang membangun jalan lintas utara (JLU) menuju lokasi kedua pantai tadi. ''Pembangunannya merupakan paket proyek 2006-2007. Dananya bersumber dari pinjaman Bank Jabar Rp 200 miliar,'' jelas Ketua Komisi B Togu Pardamean Tobing.

Selain untuk pengembangan potensi wisata tadi, menurut Togu, pembangunan jalan itu menarik minat investor. ''Layak dijual kepada investor. Dua pantai itu bisa dijadikan tempat rekreasi andalan Kabupaten Tangerang,'' tukasnya.

Meski memiliki kekayaan alam wisata, lanjut Togu, sampai saat ini pengelolaannya belum maksimal. Selayaknya dinas terkait seperti dinas pariwisata budaya pemuda dan olahraga memanfaatkan potensi itu.

Misalnya, membuat promosi wisata dengan mengadakan even wisata bahari. Selain itu, kerja sama dengan pemerintah pusat untuk mendukung Kabupaten Tangerang agar masuk menjadi salah satu kota tujuan wisata selain Bali. ''Buktinya, pendapatan asli daerah dari sektor pariwisata masih minim. Pihak pemkab seharusnya tanggap,'' katanya. (yer/jpnn/ruk)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar