Senin, 26 Januari 2009

Survei LSI: Floating Mass Masih Tinggi


Survei LSI: Floating Mass Masih Tinggi

Jakarta – Dari 2.200 sample yang diwawancarai Lembaga Survei Indonesia (LSI), 20% di antaranya belum menyatakan satu pun partai politik sebagai pilihannya dalam pemilu April 2009 nanti. Hal itu dikatakan Direktur Eksekutif LSI, Saiful Mujani, di Jakarta, 4 Januari 2009, saat konferensi pers tentang survei yang dilakukan tanggal 10 – 22 Desember 2008 itu. Jumlah calon pemilih yang floating dalam survei tersebut lebih tinggi ketimbang calon pemilih yang sudah menetapkan pilihannya.

Menurut Saiful Mujani, tingginya floating mass (massa mengambang) atau pemilih yang belum menetapkan pilihan tersebut terjadi karena ikatan pemilih dengan partai-partai politik yang ada sangat rendah. Misalnya,banyak calon pemilih tidak memiliki hubungan ideologi atau nilai-nilai tertentu dengan partai politik yang ada saat ini.

"Tidak ada hal-hal yang bisa menyatukan pemilih dengan partai. Selain itu, tidak ada keseimbangan mobilisasi dengan kondisi masyarakat yang saat ini floating. Dan di sisi lain, antar parpol tidak seimbang sosialisasinya," ujar Saiful Mujani.

Sauful melanjutkan, tingginya angka floating mass ini di sisi lain memberikan peluang bagi partai-partai politik. Seharusnya, floating mass yang tinggi itu bisa segera dimanfaatkan partai-partai politik peserta pemilu 2009 untuk mendongkrak elektabilitas mereka menjelang pemilu. Apalagi, waktu penyelenggaraan pemilu kurang dari 4 bulan lagi. Sumber: inilah.com




Tidak ada komentar:

Posting Komentar