Senin, 29 Desember 2008

PROFIL WAKIL BUPATI TANGERANG H.RANO KARNO

Jika Anda masih ingat sebuah sinetron dengan judul Si Doel Anak Sekolahan, Anda pasti ingat dengan Rano Karno. Aktor terkenal itu sekarang menjabat sebagai Wakil Bupati Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten periode 2008-2013. sebagai pejabat, kini ia lebih mementingkan kesejahteraan rakyatnya daripada keartisannya. Nama pria kelahiran 8 Oktober 1980 ini melejit setelah sukses menyutradai sekaligus membintangi sinetron Si Doel Anak Sekolahan yang berhasil menjaga budaya masyarakat betawi yang selama ini hampir terlupakan dan menarik perhatian pemirsa televisi waktu itu.
Awal kemunculan Rano Karno di dunia perfilman adalah ketika ia membintangi film Si Doel Anak Betawi (1972) karya Sjumandjaja.
Berbagai penghargaan pun telah ia raih dalam 37 tahun karirnya dalam dunia perfilman, seperti, Pemain Anak Terbaik FFI 1974 (Surabaya) dalam Film "Rio Anakku; Pemain Anak Terbaik Asia Pasifik FFA 1974 (Taiwan) dalam Film "Dimana Kau Ibu; Pemain Terbaik FFI 1980 (Jakarta) dalam Film Taksi. Juga Pengahragaan TV sebagai Tokoh Televisi 1995; Sutradara Terbaik; Pemain Terbaik; Sinetron Terbaik "Si Doel Anak Sekolahan.
Ayah dua anak ini juga memiliki studio sendiri, Karnos Film. Di studio itulah ia juga memproduksi sinetron Kembang Ilalang dan Usaha Gawat Darurat. Keahliannya di bidang seni, khususnya film ini menurun dari sang ayah, Soekarno M. Noer, seorang aktor kawakan yang sudah mengikutkan Rano untuk membintangi film Lewat Tengah Malam ketika Rano masih berusia sembilan tahun. Di sana Rano menunjukkan bakatnya berakting yang luar biasa.
Selain punya bakat berakting, Rano Rano pun belajar akting di East West Player, Amerika Serikat.
Mengenai karirnya di dunia politik, selain terpilih menjadi Wakil Bupati Tangerang mendampingi Bupati Ismet Iskandar pada Pilkada Tangerang 2008, suami dari Dewi Indriati ini juga pernah menjabat sebagai Anggota MPR Periode 1997-2002 dan dipercaya menjadi Duta Besar UNICEF untuk Indonesia**

Tidak ada komentar:

Posting Komentar